-->

Cara Buat Contoh Surat Pengunduran Diri Resign

Ingin memutuskan hubungan kerja dengan perusahaan di mana kita berkerja adalah suatu keputusan yang luar biasa sulitnya. Keputusan untuk mengundurkan diri (resign) dari kerja membutuhkan perktimbangan yang masak-masak. Bukan membutuhkan satu dua hari untuk memutuskan hal itu, tapi butuh waktu berbulan-bulan. Apalagi jika anda sudah betah ditempat kerja tersebut. Perasaan bimbang dan ragu seandainya ingin mengundurkan diri dari tempat kerja apalagi kalau kita belum memiliki langkah kedepan yang sudah jelas. Jadi disarankan jika anda belum benar-benar siap dan memiliki pendapatan yang memadai dari sumber lain, maka tahan dulu jangan keburu nafsu keluar dari tempat kerja dari pada nanti menyesal dikemudian hari. Inilah yang sering terjadi selama ini, belum memiliki kesiapan yang pasti tapi sudah berani melepas pekerjaan yang sudah ada ditangan.

Lain halnya dengan seseorang yang memang sudah memiliki pandangan jelas untuk kedepannya, seperti sudah pasti diterima di tempat kerja yang lebih baik dan pastinya gajinya lebih menunjang dari pada perusahaan saat ini. Atau mungkin sudah memiliki usaha lain yang mungkin akan semakin berkembang jika ditangani dengan waktu penuh sebab jika anda masih berkerja ditempat lain hanya bisa menanganinya paruh waktu. Alasan orang mengundurkan diri dari kerjaan adalah karena memang sudah tidak betah ditempat kerja. Tidak betah dengan kerjaan sekarang terdapat banyak faktor misalnya pressure yang sangat tinggi, suasana kerja yang tidak nyaman dan yang sering terjadi adalah masalah gaji yang kurang mencukupi.

Jika anda memang benar-benar bulat ingin resign dari tempat kerja anda, maka buatlah surat permohonan resign atau sering disebut dengan surat pengunduran diri dari kerja. Sesuai aturan undang-undang mengundurkan diri adalah hak setiap pekerja tapi bukan berarti anda seenaknya saja ketika ingin keluar, sekarang memberikan surat pengunduran diri besoknya langsung keluar tidaklah demikian. Ajukan surat pengunduran diri anda setidaknya satu bulan sebelumnya dari surat pengunduran diri diberikan. Kenapa demikian, sebab perusahaan juga membutuhkan pengganti untuk posisi yang sedang anda jabati. Selain itu juga butuh training buat karyawan baru tersebut dan biasanya anda diminta untuk mengajarinya. Selama satu bulan tersebut anggaplah hand over anda dengan pengganti anda.


Membuat surat pengunduran diri yang baik adalah buatlah kalimat yang lebih singkat dan jelas, pakailah bahasa yang sopan santun, susunlah kata demi kata dengan ejaan yang tepat dan untuk perusahaan Nasional gunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Meskipun alasan sebenarnya anda keluar dari tempat kerja adalah soal aturan management perusahaan tapi tetap usahakan buat surat pengunduran diri yang sopan dan santun. Hal ini untuk menghidari sewaktu-waktu jika anda ingin menghubungi perusahaan tidak ada rasa yang nggak enak dan gimana. Jadi anda masuk di perusahaan atau instansi tersebut secara baik-baik maka jika keluar juga harus baik-baik.

Satu hal lagi yang perlu diingat ketika dulu ingin berkerja ditempat tersebut anda pasti menggunakan surat lamaran kerja kan. Nah jika anda mau keluar kerja juga harus dengan surat pengunduran diri. Singkatnya masuk kerja pakai surat keluar kerja juga pakai surat. Jika belum pernah buat surat pengunduran diri atau surat resign anda bisa jadikan contoh surat pengunduran diri dibawah ini Sebagai referensi.
==================================================================
                                                                                                Surabaya, 15 Januari 2016

Kepada Yth,
General Manager
PT. Bintang Dua Tiga
Di Tempat

Dengan hormat,

Dengan surat ini, saya Indah Suci Ningsih bermaksud mengundurkan dari PT. Bintang Dua Tiga sebagai Sekertaris, terhitung sejak tanggal 15 Februari 2016.

Saya sangat berterimakasih atas kesempatan yang diberikan untuk berkerja di PT. Bintang Dua Tiga. Melalui surat ini juga saya sampaikan permohonan maaf kepada seluruh karyawan dan managemen PT. Bintang Dua Tiga jika terdapat kesalahan baik disengaja maupun tidak disengaja yang pernah saya lakukan selama berkerja.

Saya berharap agar PT. Bintang Dua Tiga dapat bersinar, berkembang dan sukses selalu dimasa yang akan datang.

                                                                                                    Hormat saya,


                                                                                                                      
                                                                                                  [Tanda tangan]
                                                                                               Indah Suci Ningsih

==================================================================
Contoh surat pengunduran diri diatas bisa anda jadikan referensi jika hendak mengundurkan diri dari perusahaan anda berkerja.

Note: Mohon maaf jika ada penulisan kesamaan nama