-->

Contoh Surat Penawaran Barang/Jasa

Dalam dunia perdagangan atau bahasa trennya dunia bisnis tidak bisa dilepaskan dari penawaran kerjasama. Tanpa adanya kerjasama perusahaan akan lumpuh karena tidak memiliki klien, nah surat penawaran dalam tatanan usaha merupakan usaha untuk memperkenalkan bisnis anda sekaligus mencari klien untuk berkerjasama dengan perusahaan anda. Karena pentingnya surat penawaran barang/jasa maka disini ingin mengulas sedikit tetang surat penawarn bisnis ini. Surat penawaran barang/jasa ini biasanya ditujukan kepada sebuah perusahaan yang memang bisa disupport dengan bisnis yang sedang anda jalani. Begitu juga sebaliknya klien juga sangat membutuhkan peranan bisnis anda, jadi kedua bisnis dari dua atau lebih perusahaan yang berbeda dapat saling support atau saling menguntungkan.

Surat penawaran barang/jasa pada dasarnya adalah digunakan untuk menawarkan produk atau jasa dari usaha anda kepada pelaku bisnis lain. Dengan demikian surat penawaran ini harus dibuat dengan baik, sebenarnya untuk membuat surat ini cukup mudah dan sederhana serta sudah banyak dipakai oleh perusahaan mana saja dengan beragam format namun tujuannya tetap satu yaitu penawaran kerjasama dalam bisnis. Memang jika belum pernah membuatnya mungkin akan sedikit kesulitan tapi jangan khawatir dibawah nanti ada contoh sederhanya yang dapat anda gunakan sebagai referensi, untuk kurang dan lebihnya dapat ditambahkan sendiri.

Tapi pada surat penawaran ini ada beberapa poin penting yang harus dicantumkan agar penawaran kita mendapat tanggapan baik dari calon klien. Point penting tersebut meliputi (1). Nama perusahaan anda dan bergerak dalam bidang apa, (2). Jabarkan keahlian dan kesanggupan perusahaan yang didukung dengan tenaga ahli dan peralatan yang dimiliki, (3). Cantumkan track record tentang proyek yang pernah ditangani dan yang sedang ditangani beserta nama perusahaannya, (4). Tambahkan juga bahwa perusahaan anda telah mengatongi izin usaha yang resmi dan telah terdaftar dikantor pajak yaitu telah memiliki No. NPWP.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Lamongan, 23 Januari 2016

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Karya Terus
Jl. Kembang Melati No. 123
Lamongan

Lampiran : - 1 berkas Proposal
                   - 10 Lembar Daftar Klien
                   - 1 berkas Company Profile

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, izinkan kami memperkenalkan perusahaan kami kepada Bapak/Ibu. Nama perusahaan kami adalah PT. Pantang Mundur yang beralamat di Jl. Merdeka Raya No. XX Lamongan. Perusahaan kami bergerak dalam bidang distributor consumer goods yang sedang berkembang dan telah berkerja sama dengan berbagai outlet modern dan tradisional yang ada di Lamongan.

Sebagaimana telah kami ketahui bahwa perusahaan Bapak/Ibu adalah produsen makanan ringan yang sedang berkembang dan akan membuka cabang baru di daerah Lamongan. Berdasarkan informasi tersebut bahwa PT. Karya Terus juga sedang membutuhkan tenaga distribusi makanan ringan untuk daerah tersebut.

Berkenaan dengan hal itut, Kami bermaksud untuk mengajukan penawaran menjadi distributor makanan ringan yang diproduksi oleh PT. Karya Terus. Besar harapan kami agar penawaran ini bisa berkelanjutan menjadi bentuk kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak. Sebagai bahan pertimbangan, kami melampirkan Company Profile beserta daftar perusahaan yang telah menjalin kerjasama dengan kami. Apabila Bapak/Ibu berminat kami selalu siap melakukan pembicaraan lebih lanjut.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatiannya dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.


Hormat kami,

PT. Pantang Mundur


        [ttd]

(Jono Su Jono)
Area Sales Manager
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Itulah ulasan yang berkenaan dengan cara buat surat penawaran barang/jasa disertai dengan contohnya. Semoga apa yang telah terpapar di sini bisa membantu tugas anda. Jangan anda lewatkan juga tentang Contoh Slip Gaji Yang Baik Dan Benar dan Contoh Surat Keterangan Penghasilan Karyawan.