Contoh Surat Keterangan Usaha Yang Anda Butuhkan | Cara Buat Surat

Contoh Surat Keterangan Usaha Yang Anda Butuhkan

Contoh Surat Keterangan Usaha Yang Anda Butuhkan

Surat Keterangan Usaha ini biasanya dikeluarkan oleh kelurahan setempat nah untuk membuatnya anda bisa minta ke kelurahan dimana usaha anda berada. Surat keterangan usaha adalah surat yang menerangkan tentang keberadaan usaha dan dalam bidang apa usaha tersebut dijalankan. Tujuannya adalah untuk melegalkan kepemilikan usaha tersebut dan biasanya surat ini diperlukan oleh pelaku usaha untuk kepentingan suatu urusan dan yang paling sering adalah untuk pengajuan kredit. Kalau anda seorang karyawan yang anda butuhkan adalah surat keterangan berkerja yang diterbitkan oleh perusahaan, Tapi jika anda usaha maka kelurahan yang biasanya menerbitkannya.

Surat Keterangan Usaha (SKU) ini juga mencantumkan nama pelaku usaha dan sekaligus sebagai pemiliki usaha tersebut. Nah tentu saja surat ini akan berlaku untuk nama yang tercantum saja, jadi jika untuk pengurusan suatu birokrasi seperti pengajuan pinjaman di Bank juga biasanya harus nama yang bersangkutan. Tetapi sebelum pengajuan surat ini ada beberapa kelengkapan dan persyaratan yang perlu anda penuhi, sebelum anda memegang perisyaratan tersebut anda jangan mengajukannya. Jika anda benar-benar berminat dan agar pinjaman anda cair silahkan anda buat dan lengkapi persyaratan untuk membuat Surat Keterangan Usaha (SKU) ke kelurahan anda.


Persyaratan membuat Surat Keterangan Usaha (SKU)
  • Sebelum datang ke kelurahan anda tidak sopan jika melangkahi RT/RW setempat, maka mintalah surat pengantar untuk membuat Surat Keterangan Usaha (SKU) ke RT/RW anda.
  • KTP yang masih berlaku jadi perhatikan dulu masa berlaku KTP anda fotokopy dan bawa juga yang asli.
  • Fotokopi KSK (kartu keluarga) ini adalah untuk mendukung kartu identitas anda
  • Yang terakhir harus anda buat surat permohonan Surat Keterangan Usaha (SKU)
Setelah anda submit berkas pengajuan Surat Keterangan Usaha (SKU) diatas di kelurahan selanjutnya adalah tinggal menunggu, lama tidaknya tergantung dari keluarahan karena setiap kelurahan mungkin berbeda. Nah, jika sudah tiba saat yang di tunggu yaitu turunnya Surat Keterangan Usaha (SKU), selanjutnya adalah silahkan anda bawa surat tersebut ke Kecamatan untuk meminta validasi dan otorisasi dari Pak Camat. Oh iya contoh sederhana suratnya kurang lebih di bawah ini:
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

[Kop Surat Kelurahan]
==================================================================
SURAT KETERANGAN USAHA
Nomor: …………………………

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Desa ……………………, Kecamatan ……………………….., Kabupaten ………………………………., dengan ini menerangkan bahwa:

Nama                        : ……………………………………….
No. KTP                   : ……………………………………….
Jenis Kelamin           : ……………………………………….
Tempat/Tgl. Lahir    : ……………………………………….
Agama                      : ……………………………………….
Pekerjaan                 : ……………………………………….
Alamat                     : ……………………………………….

adalah benar penduduk yang berdomisili di Desa ……………………., Kecamatan ……………………………, Kabupaten ……………………………….
Berdasarkan pengamatan kami bahwa nama tersebut di atas adalah benar memiliki usaha ………………………………, dengan nama usaha  ……………………………… di wilayah Desa ……………………………….

Demikian Surat Keterangan Usaha ini dibuat agar dipergunakan sebagaimana.

Dikeluarkan di           : ………………………………
Pada tanggal              : ………………………………


Kepala Desa ………………………
Kec…………………., Kab. ……………………


         (ttd)
……………………………..
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sekarang anda sudah mengantongi Surat Keterangan Usaha (SKU) kan, nah gunakan surat tersebut sebagaimana mestinya, Ok dan Salam.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top