-->

Surat Keterangan Magang Kerja (PKL)

Surat Keterangan Magang Kerja, - Magang kerja adalah tugas kerja praktek lapangan yang banyak dilakukan oleh siswa kejuruan atau SMK dan oleh mahasiswa. Biasanya setelah tugas magang usai perusahaan atau tempat usaha yang ditempati magang kerja memberikan surat keterangan magang kerja. Surat keterangan magang kerja ini adalah sebagai bukti bahwa tugas tersebut telah dikerjakan oleh siswa atau mahasiswa yang bersangkutan. Dalam surat tersebut juga memberikan penjelasan mengenai tugas dan tanggunga jawab yang telah dilakukan selama magang kerja. Jadi pernyataan baik tidaknya tugas dilakukan dicantumkan dalam surat ini. Surat keterangan magang kerja ini juga menjadi tambahan nilai dalam raport siswa yang akan menyelesaikan jenjang pendidikannya.

Lalu apa manfaat surat keterangan magang kerja ini selain untuk memenuhi tugas dari sekolah? Untuk menjawab soal ini mari kita ketahui terlebih dahulu manfaat magang bagi siswa atau mahasiswa. Jadi magang adalah kerja praktek langsung dilapangan, sehingga program ini merupakan perkenalan dunia kerja terhadap siswa/siswi dan mahasiswa. Sehingga diharapkan mereka tahu bagaimana kerja secara langsung dilapangan karena pastinya pelajaran yang diberikan di kelas tentunya berbeda dengan melakukan kerja secara langsung. Atau dikatakan pelajaran dikelas adalah teori sedangkan tugas magang adalah praktek langsung terhadap obyek yang dipelajari.
Contoh Format Surat
Dengan demikian ketika kelak mereka lulus mereka sudah memiliki bekal sedikit pengalaman kerja walaupun toh hanya magang kerja. Selain itu juga mereka lebih siap dihadapkan pada dunia kerja, karena sebelumnya pernah dilakukan. Nah, khususnya yang belum bisa meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, mereka bisa langsung kerja syukur-syukur jika setelah lulus langsung ditarik jadi karyawan di perusahaan yang pernah mereka tempati untuk tugas magang kerja. Dari sini sudah terdapat gambaran yang jelas tentang manfaat surat keterangan magang kerja ini.

Surat keterangan magang kerja bermanfaat untuk disertakan dalam surat lamaran kerja, sebab fresh graduate biasanya masih sangat awam dalam hal kerja berbeda dengan yang sudah berpengalaman. Nah, dengan adanya surat keterangan magang kerja tersebut menunjukkan bahwa anda sudah sedikit berpengalaman dalam hal kerja dan ini akan memberikan nilai plus pada surat lamaran kerja anda. Dengan demikian surat lamaran kerja anda mungkin menjadi salah satu kandidat yang akan mengisi lowongan kerja tersebut, yang posisinya sesuai dengan keahlian yang anda miliki.

Kembali lagi, surat keterangan magang kerja ini dikeluarkan oleh perusahaan/instansi tempat magang, oleh sebab itu sudah selazimnya surat ini menggunakan kop surat perusahaan tersebut. Surat keterangan magang kerja ini berbeda dengan surat keterangan kerja, dimana surat keterangan magang adalah menjelaskan bahwa yang bersangkutan telah melakukan kegiatan magang kerja di perusahaan dengan durasi waktu tertentu. Selain itu juga menyebutkan dari sekolahan mana yang bertugas kerja magang di situ. kalau surat keterangan kerja adalan menerangkan bahwa sesorang pernah berkerja di perusahaan tersebut dengan menempati jabatan tertentu dan dalam durasi waktu tertentu. Walupun intinya sama menjelaskan dan menerangkan pernah berkerja yang satu magang dan yang satu real melakukan perkerjaan dan tetap akan berbeda.

Untuk memudahkan pengertian soal surat magang kerja yang satu ini mungkin tidak akan lengkap manakala tidak menyertakan contoh suratnya. Nah, oleh sebab itu silahkan anda perhatikan contoh surat keterangan magang kerja di bawah ini:
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
KOP SURAT PERUSAHAAN
======================================================================
Surat Keterangan Magang Kerja
Nomor : 21/MG/PR/II/2016

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama           : Kartono Sukro SE,
Jabatan        : Direksi
Alamat        : Jl. Alus Tenan No. 2345 Jombang

Dengan ini menerangkan bahwa :

Nama                    : Indah Cantik
Sekolah                 : SMK Negeri Sekian Jombang
Alamat Sekolah    : Jl. Aspal Hitam No. 37 Serambi Jombang

Bahwa nama yang tersebut di atas telah melakukan aktivitas magang kerja di perusahaan kami PT. Cahaya Putih Sentosa selama 3 (tiga) bulan terhitung dari tanggal 1 Desember 2015 sampai dengan 29 Februari 2016.

Saudari Indah Cantik telah melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik selama magang kerja di perusahaan kami. Yang bersangkutan juga aktif mempelajari dan mengikuti kegiatan administrasi yang berlangsung diperusahaan kami.

Demikian surat keterangan diberikan dan agar dipergunakan sebagaimana mestinya.

Jombang, 01 Maret 2016

PT. Cahaya Putih Sentosa


   (ttd)
Kartono Sukro SE,
Direksi
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Demikian contoh surat keterangan magang kerja ini, semoga bisa jadi informasi yang bermanfaat dan bisa anda jadika referensi ketika anda belum memiliki format baku dari surat jenis ini.