Contoh Surat Jalan Untuk Pengiriman | Cara Buat Surat

Contoh Surat Jalan Untuk Pengiriman

Contoh Surat Jalan Untuk Pengiriman

Surat jalan adalah surat yang digunakan untuk mengiringi pengiriman barang dari suatu tempat ke tempat lain dengan menggunakan kendaraan pengangkut sebagai alat transportasi logistik. Surat jalan pengiriman barang harus disertakan setiap ada kegiatan pengiriman. Tujuan pengiriman sendiri dapat bermacam-macam bisa ke konsumen langsung, ke mitra usaha atau ke distributor, tak perduli tujuan pengirimannya yang penting harus disertakan dengan surat pengiriman ini. Surat jalan memiliki banyak arti bisa sebagai surat pengantar juga bisa berfungsi sebagai tanda terima. Manfaat surat jalan sangat penting manakala menghadapi pemeriksaan Polantas di jalan raya, sebab dengan surat jalan tersebut maka secara otomatis akan diberitahukan soal barang yang sedang diangkut dalam kendaraan tersebut. Nah, yang terpenting surat jalan harus sesuai dengan barang yang dikirim agar dapat dipertanggung jawabkan. Nah dari sini surat jalan juga berfungsi sebagai surat pemberitahuan.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa hal terpenting saat membuat surat jalan adalah harus mencantumkan secara detail terhadap barang yang sedang diantar. Apa yang disebutkan dalam surat jalan harus benar-benar sesuai dengan barang yang dikirim, maka sebelum mengemas atau memberangkatkan barang tersebut jangan lupa untuk mengecek ulang satu persatu. Hal ini untuk menghidari hal-hal yang kurang diinginkan. Hal-hal yang biasanya disebutkan dalam surat jalan adalah alamat tujuan barang, siapa nama penerimanya, jumlah barang, kualitas barang jika yang diantar adalah barang yang dibeli maka cantumkan pula harga per quatitinya, serta lampirkan juga dengan faktur barang tersebut.
Contoh format surat jalan
Surat jalan menyebutkan nama dan alamat penerimanya jadi surat jalan juga bermanfaat untuk mempermudah saat pengiriman barang sebab tanpa adanya alamat maka barang susah sampai tempat tujuan, dan hal ini sangat memudahkan bagian pengantar anda seperti sopir dan kenek. Setelah barang sampai di tujuan maka berikanlah surat ini kepada penerimanya. Nah sebagai penerima surat jalan, anda harus benar-benar ngecek dan menyocokkan barang yang diantar apakah sudah sesuai dengan yang ada di surat jalan tersebut atau tidak, jika sudah oke anda bisa langsung menerimanya tapi jika tidak sesuai maka mintalah pengantarnya untuk mengkonfirmasi terlebih dahulu.

Dalam posisi ini surat jalan juga berfungsi sebagai tanda terima yang valid, karena didalam surat jalan juga membutuhkan tanda tangan dan nama penerima barang itu. Dan sebagai pengantar surat jalan ini merupakan bukti bahwa barang tersebut sudah diantar dan sudah diterima oleh yang bersangkutan. Oleh sebab itu, surat jalan barang hendaknya dibikin minimal dua rangkap, satu untuk penerima barang dan yang satu untuk perusahaan pengirim yaitu sebagai arsip dan perhitungan oleh perusahaan. Surat jalan dapat dibuat dengan format yang cukup mudah dan sederhana tapi sangat jelas dan mudah untuk dipahami.

Untuk mempermudah pemahaman dengan bentuk dan format dari surat jalan ini maka perhatikan contohnya berikut ini:

Contoh surat pengiriman

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

KOP SURAT PERUSAHAAN

====================================================================
Surat Jalan
Nomor :____________________

Lamongan, 02 Maret 2016

Kepada Yth       : _________________________
Alamat              : _________________________
                            _________________________
                            _________________________
No. Telp / HP    : _________________________

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini kami mengirimkan barang yang telah diorder berdasarkan nomor PO___________.

Adapun rincian barang yang kami kirim adalah sebagai berikut:


No.
Nama Barang
Satuan
Jml
Harga/Crt
Keterangan
1
Barang A
Crt
5
Rp. 50.000
-
2
Barang B
Crt
5
Rp. 50.000
-
3
Barang C
Crt
5
Rp. 50.000
-
4
Barang D
Crt
5
Rp. 50.000
-
5
Barang E
Crt
5
Rp. 50.000
-
6
Barang F
Crt
5
Rp. 50.000
-
7
Barang G
Crt
5
Rp. 50.000
-

Mohon dicek terlebih dahulu sebelum menerimanya.


Pengantar,                                                                  Hormat kami,


Kamsun                                                                      Kasren
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Diterima oleh,                                                            Tanggal penerimaan,



Gino                                                                           _______________________
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Nah itulah contoh surat jalan pengiriman barang, bisa anda jadikan referensi jika anda bemum memiliki master yang pas, edit dan modifikasi sesuai dengan yang anda inginkan.




Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top