-->

Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu Untuk BanSos

contoh surat keterangan tidak mampu, Surat keterangan tidak mampu ini adalah dimaksudkan untuk menerangkan bahwa yang tercantum didalamnya adalah seseorang atau keluarga yang kurang mampu (miskin) dalam hal ekonomi. Surat ini seringkali diperlukan saat pengajuan bantuan sosial atau pengajuan beasiswa oleh siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. Surat ini biasanya dipergunakan untuk permohonan keringanan atau permohonan bantuan biaya misalnya keringanan biaya sekolah atau permohonan bantuan sosial dari Pemerintah. Surat keterangan tidak mampu tersebut tentunya diterbitkan oleh perangkat desa yang berwenang dalam hal ini adalah Kepada Desa.


Kenapa kok Kepala Desa, sebab warga desa tersebut adalah salah satu atau beberapa dari keluarga yang berada di dalam garis kemiskinan. Maka dengan adanya surat keterangan tidak mampu ini mungkin dapat membantu perekonomian mereka. Sedangkan untuk beasiswa kurang mampu surat ini berfungsi sebagai permohonan keringanan biaya sekolah atau permohonan bantuan dana langsung dari sekolahan untuk pembiayaan sekolah. Keringanan biasanya mungkin bisa ddapat separoh sedangkan sedangkan jika untuk bantuan uang tunai biasanya diberikan secara langsung ketika musim pembayaran. Surat ini biasanya untuk anak sekolah wajib sembilan tahun namun sering kali juga diperlukan mahasiswa untuk mendapatkan keringan biaya di universitasnya.

Bagi anda yang pernah mengurusnya tentunya sudah akrab dengan surat keterangan tidak mampu ini, tapi bagi yang belum pernah sama sekali mengurusnya pasti ingin tahu bagaimana sih formatnya. Nah tidak perlu khawatir karena di bawah ini anda akan dapati contoh surat keterangan tidak mampu ini. Tak perlu banyak uraian langsung saja anda lihat contoh surat keterangan tidak mampu yang dimaksud berikut ini.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

KOP SURAT KELURAHAN 

===================================================================
SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU
NO. _____________________


Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala Desa  _________ Kec. _________ Kab. _________ menerangkan bahwa :

Nama                        : __________________
No. KTP                   : __________________
Tempat/Tgl. Lahit    : __________________
Jenis kelamin           : __________________
Pekerjaan                 : __________________
Alamat                     : __________________

Dengan ini menerangkan bahwa nama tersebut adalah benar warga kami yang masuk dalam keluarga kurang mampu / miskin. Nama tersebut telah terdaftar di Kartu Keluarga dengan nomor : _____________ dan Kepala keluarga bernama _____________.

Demikian surat keterangan ini dibuat agar dipergunakan sebagaimana mestinya.


                                                                              _____________, 16 Februari 2016
                           
                                                                              Kepala Desa _____________


                                                                              [ttd+stempel]
                                                                              Nama Kepala Desa

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Demikianlah contoh surat keterangan tidak mampu (miskin), semoga bisa membantu. Oh iya pelajari juga Contoh Surat Keterangan Usaha Yang Anda Butuhkan.