-->

Contoh Surat Tidak Resmi, Surat Resmi dan Perbedaannya

Setelah beberapa saat yang lalu telah kita ulas mengenai Cek Pengiriman Pos Online yang dapat anda simak jika anda memiliki masalah dengan pengiriman peket atau surat anda melalui expedisi POS Indonesia. Untuk saat ini admin akan membahas tentang contoh surat tidak resmi. Pada dasarnya jenis surat digolongkan menjadi dua yaitu surat resmi dan surat non resmi atau surat tidak resmi. Baik surat resmi maupun surat tidak resmi adalah biasanya dibuat untuk tujuan tertentu, kalau surat resmi dibuat dengan tujuan yang bersifat formal, sedangkan surat tidak resmi dibuat untuk tujuan yang sifatnya personal atau pribadi. Dalam prakteknya surat resmi sering dibuat dan dipakai oleh instansi baik negeri maupun swasta, lembaga, dan organisasi lainnya sedangkan surat tidak resmi dibuat dan gunakan untuk keperluan pribadi semisal surat untuk teman, surat untuk keluar, surat undangan syukuran dan sebagainya.

Untuk memahami dan mengetahui perbedaan surat tidak resmi dan resmi dapat anda perhatikan ciri-ciri utamanya. Surat resmi memiliki ciri-ciri surat tersebut dibuat untuk tujuan formal, penulisan  bahasa yang formal, dibuat dengan menggunakan kop surat instansi, lembaga atau organisasi, mencantumkan nomor surat beserta perihal dan lampiran, di sertai dengan stempel. Nah bagaimana dengan ciri-ciri surat tidak resmi? Tentunya ciri-cirinya juga kebalikan dari ciri-ciri surat resmi yang telah disebutkan diatas. Tapi walupun sifatnya tidak resmi, ketika anda membuat surat tidak resmi juga harus memperhatikan dan menuliskan mengenai tempat surat dibuat, waktu (hari, tanggal, bulan, tahun) surat itu dibuat, tujuan surat (nama penerima surat), salam pembuka, isi surat salam penutup dan menuliskan nama pembuat surat beserta tanda tangan.
Contoh surat tidak resmi

Selain hal tersebut diatas, meskipun surat tidak resmi bukanlah surat yang sifatnya formal namun harus tetap dibuat dengan bahasa yang baik dan sopan agar penerima surat pun senang membacanya. Contoh surat tidak resmi yang sering dibuat banyak orang adalah surat untuk sahabat, surat untuk pacar, atau bisa surat untuk orang tua. Tapi sekarang fungsi surat tidak resmi tersebut sudah berkurang karena sudah tergeser oleh teknologi internet dan teknologi komunikasi yang sudah berkembang dengan pesat. Walaupun sudah tergeser oleh teknologi komunikasi, tapi dari teknologi internet yang ada sekarang ini juga masih memberikan dukungan dengan surat tidak remi ini. Misalnya anda ingin mengirim surat kepada teman anda nan jauh disana anda dapat mengirimkan lewat surat elektronik atau bahasa trennya email. Email adalah media surat-menyurat yang bebasis internet yang sangat efektif ketimbang menulis surat dikertas kemudian mengirimkannya melalui expedisi pengiriman.

Untuk mengetahui contoh surat resmi anda bisa mengikuti contoh surat di bawah ini:
  1. Contoh Surat Undangan Rapat
  2. Contoh Surat Tugas Dinas
  3. Contoh Surat Penawaran Barang/Jasa
  4. Contoh Surat Keterangan Kerja Karyawan
  5. Contoh Surat Undangan Resmi
Diatas adalah beberapa contoh surat resmi dengan tujuan masing-masing yang dapat anda pelajari. Berikutnya adalah bagaimanya contoh surat tidak resmi yang sifatnya tidak formal? Untuk itu silahkan simak dibawah ini.

Berikut ini adalah contoh surat tidak resmi yang memiliki formal:
======================================================================
                                                                                                     Lamongan, 17 Maret 2016

Buat Paman Sekeluarga
Di Jakarta

    Assalamua'alaikum Wr. Wb.

Gimana kabarnya paman sekeluarga? Semoga masih tetap dalam lindung Allah SWT, amin. Di sini kabar santi sekaluarga baik-baik saja.

Seperti tahun-tahun sebelumnya kami mengadakan haul kakek, nah untuk tahun 2016 ini kami akan mengadakan haul kakek tepatnya di hari Sabtu, 05 Maret 2016, dimana acaranya juga sama seperti tahun lalu.

Nah tolong Paman Sam dan sekeluarga datang ya.. kan pas hari libur hehe.. Bapak sam Ibu juga sudah menunggu katanya Paman sudah lama tidak main ke mari. Sekian dulu ya Paman, kami tunggu kehadirannya

    Assalamua'alaikum Wr. Wb.


Keponakanmu,


[tanda tangan]
Nadia Syafitri
======================================================================

Beberapa contoh surat resmi dan contoh surat tidak resmi diatas semoga bisa bermanfaat, jangan lup simak ulasan surat selanjutnya, terimakasih.