-->

Contoh Surat Pesanan Barang (Order)

Contoh Surat Pesanan Barang, - berbagai jenis surat niaga yang sering digunakan untuk rutinitas perniagaan atau jual beli salah satunya adalah surat pesanan barang. Banyak dari kita telah mengerti maksud dan tujuan serta apa surat pesanan barang itu sendiri. Surat pesanan barang merupakan tanggapan dari surat penawaran barang yang telah dilayangkan kepada konsumen baik untuk individu maupun perushaan. Surat pesanan barang ini berfungsi untuk memesan barang yang telah ditawarkan dan dijual oleh suatu penjual baik perorangan maupun perusahaan. Maksud dan tujuan surat ini adalah untuk memesan barang yang hendak dibeli sehingga dalam surat ini wajib menyertakan nama, type, jenis, jumlah, ukuran, jumlah dan quantiti barang serta lain sebagainya.


Surat ini juga memberitahukan bahwa pembuat surat ini hendak membeli barang yang dijual tentunya dengan mekanisme pembayaran yang telah ditentukan oleh si penjual. Dalam surat pesanan barang ini juga harus anda tentukan alamat pengiriman dan nama tujuan pengirim, serta tentukan kapan barang tersebut bisa dikirim. Waktu dan tanggal pengiriman perlu diketahui sebab anda tidak perlu menunggu-nunggu kapan barang tersebut akan sampai. Disamping itu, juga memudahkan jadwal anda tanpa harus menunggu dan berdiam diri untuk menunggu kiriman barang yang telah diorder tersebut.

Format surat pesanan barang
Format Surat Pesanan Barang

Untuk membuat surat ini cukup mudah, jika surat pesanan barang ini untuk keperluan individu anda tidak perlu membuat surat tersebut pada kop surat. Lain halnya jika pemesanannya mengatasnamakan perusahaan maka harus dibuat dalam kop surat perusahaan serta mencantumkan nama dan alamat perusahaan serta kepada siapa barang tersebut di UP kan.

Untuk lebih mudah memahami surat pesanan barang ini lebih baik anda simak contoh surat pesanan barang dibawah ini.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
PT. Karya Kreatif
Jl. Mulus Trus No. 20 Kediri Jawa Timur
Telp. .................. fax. .................. Email. generalffair@karyakreatif.com
======================================================================
No.             : 111/PKK/JF/III/2016
Lampiran    : -
Perihal        : Pemesaan Alat Tulis Kantor

Kepada Yth,
Toko Ramai lancar
Jl. Mengkudu Hijau No. 12345 Jombang
UP. Bpk. Cipto Sarmono
   Di Tempat

Dengan Hormat,

Berdasarkan surat penawaran yang teah kami terima, maka dengan ini kami bermaksud untuk memesan beberapa alat tulis kantor. Adapun beberapa ATK yang kami pesan adalah sebagai berikut :


1.    2 box kertas A4
2.    2 box kertas contiuous form
3.    2 lusin bolpoin warna hitam merk ............
4.    5 Lem kertas
5.    5 box absen ceklok

Pembayaran akan dilakukan secara tunai setelah barang tersebut diterima, mohon saat pengiriman barang agar disertakan juga kwitansi atau struk barang yang kami pesan.

Demikian surat pesanan ini kami sampaikan, mohon barang dikirim secepatnya dan atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
PT. Karya Kreatif


[Tanda Tangan]
Santi Wulansari
Pimpinan Perusahaan
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Itulah contoh format sederhana surat pesanan barang yang diorder,semoga bermafaat dan terima kasih telah menyimak artikel mengenai Contoh Surat Pesanan Barang ini. Jangan anda lewatkan juga ulasan mengenai contoh surat resmi dan tidak resmi yang telah kami bahas sebelumnya.