-->

Cara Mengirim Barang Lewat Pos Dengan Mudah

Cara Mengirim Barang Lewat Pos, Sekarang ini banyak sekali penyedia layanan jasa pengiriman barang atau yang disebut dengan ekspedisi. Namun jasa pengiriman yang masih jadi andalan masyarakan Indonesia adalah lewat Pos. Pos Indonesia adalah perusahaan BUMN yang bergerak dalam bisnis pengiriman barang baik berupa barang, surat maupun dokumen. Binis Pos Indonesia juga merambah ke jasa pembayaran seperti pembayaran rekening listrik, cicilan motor, yang special dari Pos Indonesia melayani pengiriman uang melalui wesel yang saat ini berubah menjadi Western Union (WU). Western Union juga melayani pencairan billing luar negeri misalnya billing Google Adsense dan lain sebagainya.

Kelebihan pengiriman Pos Indonesia dibanding dengan instansi atau pengiriman lain adalah jaringan pos yang mampu menembus sampai ke pelosok desa yang kantornya ada di setiap kecamatan. Pos Indonesia sendiri terhadap jasa pengiriman menawarkan layanan pengiriman biasa, kilat dan ekspres. Tentunya harga pengiriman juga bervariasi tergantung dari layanan yang diambil. Melihat fenomena sekarang ini kemajuan teknologi jaringan internet seakan tak terbendung juga memberikan dampak positif yang begitu besar dalam dunia bisnis.
Cara Mengirim Barang Lewat Pos
Dengan adanya jaringan internet yang semakin luas seperti sekarang ini sangat mendukung bisnis kecil-kecilan sampai menengah. Dimana bisnis mereka sebelumnya memiliki keterbatasan ruang dan waktu namun dengan dukungan teknologi ini bisnis kecil dan menengah mampu berkembang signifikan. Bisnis yang menggunakan diinternet sering disebut dengan istilah bisnis online, sedangkan bisnis online terdiri dari banyak model seperti yang sekarang sedang tren adalah bikin online shop dan dropship. Nah bisnis model ini sangat membutuhkan jasa pengiriman barang. Begitu pula dengan bisnis konvensional.

Mengirim barang baik kepada pembeli maupun kepada siapapun bisa dilakukan lewat jasa pengiriman seperti Pos Indonesia. Bukan hanya itu jika anda sudah berlangganan pasti mereka akan memberikan bonus dan kortingan harga yang menarik buat anda. Bagi anda yang sudah pernah bahkan sering melakukan aktivitas pengiriman via Pos tentunya tidak menjadi soal, akan tetapi buat yang belum pernah sama sekali pasti ingin tahu gimana caranya.

Bukan hanya untuk pemula bisnis online saja yang penasaran bagaimana mengirim barang lewat pos tetapi untuk keperluan pribadi atau non komersil juga ingin tahu caranya. Nah untuk hal ini anda tidak perlu cemas karena dibawah anda akan dapati cara pengiriman barang lewat pos langkah demi langkah. Baiklah langsung saja kita mulai kalau kelamaan malah barang nggak terkirim-kirim.

Cara Mengirim Barang Lewat Pos

Pertama, siapkan barang yang akan dikirim, kemaslah dengan rapih jika perlu lapisi dengan plastik untuk barang yang mudah rusak jika terkena air seperti kertas dll.

Kedua, tuliskan alamat tujuan pengiriman sebutkan (nama, jabatan jika tujuannya kantor, alamat, No. Telp/HP penerima dan kode pos) itu saja sudah cukup. Penulisan harus jelas dan benar untuk menghidari salah alamat.

Ketiga, Tuliskan identitas pengirim sebutkan (nama, alamat, No. telp) Penulisan harus jelas dan benar.

Keempat, Tulis identitas pengirim di sebelah kiri dan penerima disebelah kanan, agar terlihat lebih rapi ketik kop surat tersebut menggunakan komputer kemudian cetak dan gunting presisi.

Kelima, Bawa barang yang akan dikirim ke kantor pos terdekat atau bisa ke gen pos yang kini mulai menjamur disetiap daerah.

Keenam, transaksi di kantor pos biaya pengiriman tergantung dari bobot barang yang dikirim serta jauh dekat alamat tujuan pengiriman.

Ketujuh, anda akan diberikan tanda terima berupa nomor resi pengiriman. PENTING: Simpanlah resi tersebut dengan baik jangan sampai dihilangkan karena jika terjadi keterlambatan anda bisa lacak untuk mengetahui posisi barang yang sedang anda kirim melalui Cek Pengiriman Pos Online.

Nah, mudah bukan Cara Mengirim Barang Lewat Pos asalkan ada barang yang dikirim, tujuan pengiriman dan biaya, pengiriman sudah bisa dilakukan. Cukup sekian semoga barang yang anda kirim cepat sampai tujuan.